Rabu, 11 September 2013

Survey Outlet

Dalam upaya kita untuk mengoptimalkan penjualan di wilayah yang kita tangani, salah satu 'tools'/alat untuk melihat potensi wilayah kita adalah melalui data Outlet Profile. Penjelasan terkait Outlet Profile ini bisa anda baca pada tulisan saya sebelumnya tentang Outlet Profile.

Dalam penjelasan sebelumnya, data outlet profile ini didapat melalui survey outlet yg kita lakukan diwilayah penjualan kita dalam rentang periode tertentu. Survey outlet ini merupakan kegiatan pendataan jumlah dan jenis outlet disuatu wilayah dengan tujuan antara lain :
  • Mendapatkan angka sebenarnya populasi dan distribusi outlet yang menjual produk kita dan kompetitor disuatu wilayah penjualan.
  • Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis - jenis outlet  untuk kita kelompokan dalam suatu data base.
  • Mengukur tingkat coverage dan distribusi produk kita dan kompetitor.
  • Mengidentifikasi potensi outlet-outlet yang belum menjual atau optimal menjual produk kita. 
  • Untuk CRM dan Program selling.
  • Untuk menyusun Permanent Journey Plan (PJP), recluster, reroadline dst.
Lalu siapa sebaiknya yg melakukan survey outlet ini?

Jawabannya tentu saja salesperson yg bertanggung jawab diwilayah tersebut. Dengan melakukan survey outlet ini diharapkan salesperson dapat lebih memahami kondisi dan potensi outlet yang berada diwilayah penjualannya.

Hal lain yang bisa  dilakukan dan kita dapatkan selain data-data dalam kegiatan survey outlet ini antara lain:
Langkah selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah terkait dengan pola perjalanan survey. Pola perjalanan survey ini harus disepakati/ditetapkan agar survey yg kita lakukan bisa optimal, sehingga tidak ada outlet yg terlewati.

Bentuk pola perjalanan survey bisa bermacam-macam, mulai dari Pola Acak (Random), Pola Hopscotch, Pola Cloverleaf, Pola Rata Kiri, dan sebagainya. Pola Perjalanan ini sebagian besar dibahas dan bisa anda baca di Aurora Operation Sales Blog pada Link yg saya rekomendasikan (Rekomendasi Link).

Disini yg akan kita bahas adalah Pola Rata Kiri, yang menurut saya pola yg paling mudah diingat dan dijalankan oleh kita sebagai orang lapangan.

Pola Rata Kiri ini adalah pola yang mengacu atau memprioritaskan semua yang ada di sebelah kiri, baik itu outlet maupun jalur atau jalan yg akan kita lalui.
Pola Rata Kiri

Untuk mudahnya kita bisa lihat gambar Pola Rata Kiri disebelah kanan. Disana digambarkan salesperson memulai surveynya dari poin 1 dalam perjalanannya dia hanya mendata outlet disebelah kiri, sesampainya dipoin 2 dia belok kiri melanjutkan hingga poin 3, dan sesuai kesepakatan pola rata kiri, outlet yg didata adalah outlet yg disebelah kiri.

Di poin 3 dia belok ke kanan (karena ngga ada jalan lain), dilanjutkan hingga poin 4. Karena di poin 4 ini adalah jalan buntu, maka salesperson tersebut balik arah, memulai kembali perjalanan dari poin 5 dilanjutkan ke poin 6 terus hingga poin 10.

Demikian sedikit penjelasan dari saya semoga bermanfa'at dan selamat melakukan survey.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar