Yang
dimaksud sales coverage disini adalah cakupan
wilayah geografi yg bisa dibedakan berdasarkan kriteria tertentu, dalam hal
ini nama jalan/wilayah, outlet dan tipe outlet, yang dikunjungi secara rutin dan teratur oleh Salesperson atau PIC yg
bertanggung jawab sesuai dengan permanent journey plan (PJP) yang telah
ditetapkan.
Salah satu
langkah awal terpenting dalam Territory Management untuk memenangkan marketshare adalah penguasaan
coverage dengan menerapkan marketing mix (Presence, Placement, Price &
Promotion) yang optimum. Dalam bahasa salesperson, dengan memanfaatkan coverage
yang ada, salesperson harus mampu meningkatkan effective call (outlet yg
dikunjungi dan melakukan transaksi) guna memastikan distribusi produk
(availibility dan visibility), edukasi, promosi dan kestabilan harga dilakukan
dengan optimal (gb.1).
Marketing
Mix yang bisa dilakukan oleh salesperson adalah;
- Menjaga ketersediaan (availibility) dan pemajangan (visibility) produk Indosat di Outlet.
- Membantu mengontrol harga dengan memastikan distribusi produk Indosat dengan konsep 3T:
- Tepat Jumlah,
- Tepat Waktu dan
- Tepat Outlet.
- Melakukan edukasi-promosi kepada frontliner outlet, agar mereka mau menjual produk Indosat dan menyampaikan informasi terkait produk Indosat ke pelanggan dengan benar.
Hal lain
yang harus diperhatikan dalam mengukur aktifitas coverage adalah Jumlah CALL, yaitu jumlah outlet yang
dikunjungi (visit), dan idealnya semua populasi outlet di coverage tersebut
harus dikunjungi oleh salesperson.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar