Pencatatan CRC ini bisa dilakukan secara manual dengan menulis semua data-data kedalam suatu form kartu isian, atau dibuat secara otomatis dengan menggunakan suatu alat elektronik khusus yg secara langsung menyimpan data-data tersebut di dalam server penjualan.
Salesperson diwajibkan untuk mengisi CRC ini dalam setiap kunjungannya ke pelanggan, dimana CRC ini memiliki fungsi ;
- Mencatat hasil penjualan, termasuk penjualan pesaing, dengannya CRC dapat membantu kita untuk memonitor stock dan perkembangan outlet.
- Menganalisa sell in (penjualan dari salesperson ke outlet) dan sell out (penjualan dari outlet ke enduser).
- Membuat perencanaan penjualan di outlet.
- Sebagai acuan data untuk memberikan rekomendasi pembelian (sell in) yg realistis bagi outlet.
- Untuk melihat potensi outlet dalam meningkatkan penjualan.
- Untuk mentracking penjualan dalam periode tertentu.
- Sebagai acuan dasar untuk pembuatan Laporan Harian Salesperson (LHP) dan Call Card Report.
Elemen didalam CRC biasanya terdiri dari ;
- Profile pelanggan : nama, alamat, dst.
- Profile salesperson : nama salesperson, perusahaan salesperson, frekuensi kunjungan (FOC), dst.
- Tabel Penjualan : nama produk, tanggal, stock, hasil penjualan, dst.
- Catatan.
Berikut contoh CRC dalam bentuk format manual ;
Keterangan :
SA : Stock Awal, SO : Selling Out, SI : Selling In, SAk : Stock Akhir, Vis : Visibility
Tidak ada komentar:
Posting Komentar