Selasa, 01 April 2014

Frequency Of Call (FOC)

Frequency of Call (FOC) adalah frekuensi kunjungan salesperson dalam suatu roadline yang dihitung dalam periode bulanan. Didalam teritori managemen, frekuensi kunjungan bisa bervariasi mulai dari F1, F2 hingga F24 yang sifat kunjungannya terpola dan periodik. 

Berikut table Frequency of Call (FOC) beserta penjelasannya.

FOC
Penjelasan
F1
Satu bulan satu kali
F2
Satu bulan dua kali / Dua mingguan
F4
Satu bulan empat kali / satu minggu satu kali
F8
Satu bulan delapan kali / Satu minggu dua kali
F12
Satu bulan dua belas kali / Satu minggu tiga kali
F24
Satu bulan dua puluh empat kali / Setiap hari
Tabel Frequency Of Call (FOC)

Penentuan FOC bagi seorang salesperson ditentukan pada saat penyusunan Permanent Journey Plan (PJP) dengan tujuan ;
  • Agar outlet mendapatkan kepastian kapan outlet tersebut akan dikunjungi.
  • Agar outlet mampu menyiapkan modal kerja untuk pembelian produk dengan baik, dan
  • Pola kunjungan canvasser di outlet tersebut tersusun dengan baik.


Dalam menentukan FOC mana yang akan diterapkan pada suatu outlet, kriteria yang bisa digunakan adalah berdasarkan;
Volume Bisnis/Buying Power,
 Potensi Pertumbuhan volume bisnis.
 Jarak lokasi Outlet.

Frequency of Call vs Buying Power/Potensi


Jika kita lihat dan mengacu pada gambar diatas, maka semakin besar buying power/potensi pertumbuhan suatu outlet, maka frekuensi kunjungan (FOC) harus semakin ditingkatkan, dan begitu juga sebaliknya.

2 komentar:

  1. Mau nanya mas, berarti frequency of call itu banyaknya kunjugan pada satu outlet tertentu dalam jangka waktu satu bulan? Mohon dibenarkan jika pernyataan saya salah. Trims

    BalasHapus